​AKP Yudi Franata Personil Polri Terpilih Ikuti IMIC di USA, Dalami Ilmu Intelijen dan Perkuat Jaringan Internasional 

0
348

CALIFORNIA, USA. TRAJUNEWS.COM – Kepala Satuan Polisi Perairan Kabupaten Bengkalis, AKP Yudhi Franata, SIK MERUPAKAN personil Polri dari Polda Riau yang terpilih sebagai peserta pelatihan International Maritime Intelligence Course (IMIC) di San Diego California, USA. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 9 Agustus dan berlangsung hingga 10 September 2017 mendatang.

Pelatihan yang berlangsung selama satu bulan ini membahas tentang sistem intelijen yang dimiliki oleh negara Super Power, Amerika Serikat dengan tujuan menambah wawasan ilmu pengetahuan terkait dengan ilmu intelijen dan menambah jaringan internasional yang bisa memberikan informasi terkait masalah keamanan 

Pelatihan IMIC ini dilaksanakan di San Diego, tempat dimana perwakilan personel AL dan Coast Guard dari seluruh negara mengikuti pelatihan terkait dgn masalah pertahanan dan keamanan, pelatihan ini diharapkan nantinya dapat diterapkan di negara masing-masing peserta. Materi pelatihan IMIC ini meliputi tentang teori dan teknik intelijen yang diiringi dengan praktik lapangan yaitu patroli laut ke perbatasan dengan negara tetangga yaitu mexico hingga praktik penanganan intelijen dalam menangani dan mengatasi masalah hankam. Contoh skenario dari pelatihan ini adalah bagaimana upaya  Intelijen dalam menangani perompakan terhadap kapal yang melintas di Selat Malaka.

Untuk diketahui bahwa AKP Yudhi Franata merupakan satu-satunya perwakilan dari Polisi dari 22 peserta lainnya yg berasal dari AL dan Coast Guard. Pelatihan ini mempunyai agenda yang tak biasa yaitu dapat berguna memberi informasi terkait barang-barang selundupan termasuk narkotika yang masuk melalui perairan Indonesia. “Karena Bengkalis sebagai garda terdepan yang berbatasan langsung dengan Malaysia sekaligus menjadi upaya pencegahan terjadinya pembajakan dan pencuri diatas kapal yang nantinya dapat memberikan keamanan berlayar di Selat Malaka serta dapat mencegah barang illegal masuk ke perairan indonesia,” kata AKP Yudhi Franata, dikonfirmasi, Rabu (30/8/17) melalui pesan singkat. 

Kasat Polair Polres Bengkalis AKP Yudi Franata melaporkan langsung dari San Diego, California, USA dari pelatih itu juga terlihat bahwa perhatian internasional terhadap Selat Malaka sepatutnya sebagai negara yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia harus menjaga perairan di Selat Malaka sekaligus dapat menjaga Kedaulatan Negara kita. Pungkasnya. 

Kegiatan diikuti sebanyak 22 orang peserta yaitu 4 dari Indonesia, 1 Cape Verde, 3 Malaysia, 2 Goergia ,3 Thailand, 3 philipina, 2 Vietnam,1 Bulgaria, 1 Jerman, 1 Jepan, 1 israel (mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here