oleh

1 Ton Lebih Sampah Plastik Diangkut KSOP dari Laut Dumai

DUMAI-KANTOR Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai melakukan aksi bersih laut dan pantai di Kawasan Dermaga D Pelindo Dumai, Kamis (12/9).

Aksi bersih-bersih ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019. Sampah itu dikumpulkan dari pesisir pantai sepanjang 2 km. Selain di daratan, pembersihan sampah juga dilakukan di laut.

Terdapat 5 regu menggunakan armada kapal dari Navigasi dan milik Nelayan perwakilan HNSI menyisir laut Dumai untuk mengangkut sampah-sampah yang terapung di laut. Sementara itu disisi darat, setiap orang menyusuri pesisir pantai dan mengutip sampah yang berserakan disela-sela bebatuan.

Sampah yang sudah terkumpul diangkut menggunakan armada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai kemudian dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bukit Timah.

Sebanyak 1 ton lebih sampah plastik bungkus makanan dan botol bekas air mineral berhasil dikumpulkan dalam aksi yang dimulai sejak pukul 06.00 pagi itu.

“Tujuan kami untuk membersihkan sampah di laut dan di pantai, momentum ini untuk mengkampanyekan gerakan bersih laut karena Pemerintah melalui kementerian Perhubungan menargetkan 2025 laut kita bersih dari sampah, mudah-mudahan dapat dukungan dari semua pihak dan masyarakat dan diharapkan menjadi budaya nasional,” kata Kepala Kadisnav, Raymond Sianturi yang juga Ketua Panitia kegiatan Gerakan Bersih Laut sempena Harhubnas 2019 di Dumai.

Sementara itu, Kepala KSOP Kelas I Dumai, Sanggam Marihot mengatakan aksi ini merupakan upaya menggugah kesadaran masyarakat tentang bahaya sampah plastik di laut. Aksi ini tujuannya untuk mengedukasi masyarakat dan pelaku usaha bahwa menjaga laut itu menjadi tanggung jawab bersama.

“Setelah ini, Kita berencana membuat edaran menghimbau kepada operator kapal agar tidak mengbuang sampah di laut dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menjaga lingkungan.

Selain merusak habitat dan ekosistem, limbah plastik di laut ini akan membuat keindahan pantai akan berkurang sehingga berpengaruh terhadap sektor pariwisata dan kesehatan lingkungan,” ucapnya.

Sanggam mengapresiasi dukungan berbagai pihak dalam kegiatan bersih laut sempena Harhubnas 2019. Gerakan kampanye bersih-bersih laut dan pantai ini melibatkan sekitar 600 perserta perwakilan dari KSOP, Navigasi, Pelindo berserta perusahaan di kawasan, Pemerintah Kota Dumai dan stake holder terkait serta mengajak masyarakat yang bermukim di wilayah sekitar untuk turun bersama-sama membersihkan sampah yang berserakan di pesisir pantai.

Kegiatan Bersih Laut ini juga dihadiri Plt Sekda, Hamdan Kamal, Kepala DLH Dumai, Satrio Wibowo, Humas Pelindo Syafei, Humas SDS, Kamero Bangun, Manager Operasional BUMD PT Pelabuhan Dumai Berseri, Tengku Zalek serta para tamu dan undangan lainnya

Sumber : dumaiposnews.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed