oleh

Bahaya.. ! Pelabuhan Penumpang Bandar Sri Junjungan Bergoyang

-Dumai-78 views

Saat ini, pembangunan pelabuhan penumpang milik pemerintah sudah hampir selesai, lokasinya di sebelah pelabuhan Roro Dumai-Rupat atau sering di kenal di TPI Purnama. Hanya saja ketika angin kencang kondisi pelabuhan berayun dan bergoyang.

Walaupun belum digunakan karena memang belum selesai 100 persen, para maniak mancing sering menggunakan pelabuhan itu hanya untuk memancing.

Seperti halnya Bambang (45) dan teman-temannya sering memancing di pelabuhan penumpang tersebut, pelabuhan yang nampak megah dengan dua ponton untuk sandar kapal itu nampak megah dan sangat penjang ke laut.

‘’Pelabuhan ini sangat megah, namun saya sering memancing di pelabuhan ini kondisinya berbahaya, pelabuhan panjang ini ber ayun-ayun, kadang-kadang saya seperti naik kapal yang kena ombak pula, goyangannya mengikut angin, sebelum dioperasikan masalah ini perlu mendapat perhatian pemerintah,’’ katanya Senin (23/1).

Dikatakan Bambang lagi, kalau kondisi pelabuhan dalam keadaan kosong belum ada penumpang dan pengunjung saja sudah bergoyang, bagaimana nanti kalau sudah beroperasi, tentu pelabuhan luar negeri akan ramai dikunjungi dan digunakan warga yang akan ke suatu tujuan dengan menggunakan angkutan laut.

‘’Saya sangsi dengan kekuatan pelabuhan penumpang itu,’’ tuturnya.

Kadishub Dumai kepada wartwan Senin (23/1) mengaku baru mendapatkan informasi itu. ‘’Proyek itu didanai oleh APBN dengan dana Rp75 miliar, dan ditenderkan di pusat juga, dan kontraktornya juga dari pusat,’’ kata Kadishub Dumai Marwan.

Perihal pelabuhan itu berayun, pihaknya belum berani berkomentar banyak karena itu masalah teknis, namun Dishub mengaku akan menyelidikan masalah ini, dan jika memang menemukan hal-hal yang janggal akan menginformasikan masalah ini pada pihak yang lebih tinggi lagi.

‘’Saat ini pun pekerjaan pelabuhan itu sudah masuk dalam tahap pengawasan kontraktor, biasanya masa pengawasan itu selama 6 bulan, dan sekarang sudah sekitar 1,5 bulan berlalu masa pengawasan,’’ urainya.

Sumber : Riaupos

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed