Dari 95 Ekor Trenggiling, BBKSDA Riau Hanya Lepaskan 89 Ekor. Begini Fakta Nya…

0
325

DUMAI,TRAJUNEWS.COM- Berjumlah 95 ekor trenggiling yang termasuk ke dalam jenis hewan yang dilindungi. Menurut rencananya akan di selundupkan ke malaysia berhasil diamankan oleh KPBBC Dumai. Kamis  (05/10/17) lalu.

Setelah diserah kan kepada pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, dari 95 ekor hanya berjumlah 89 ekor trenggiling (manis javanica) yang berhasil dikembalikan ke alam bebas atau dilepas liarkan di Kawasan Koservasi Taman Nasional Zamrud Kabupaten Siak pada Sabtu (7/10/17). Hal itu disebabkan terdapat 6 ekor telah mati.

Hal itu diterangkan kepada wartawan oleh Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati. Trenggiling sebanyak 89 ekor yang dilepas liarkan itu dilakukan 3 petugas SKW 4 Bidang KSDA Wilayah 2 dengan menggunakan Truc Colt Diesel Bea cukai Dumai dan mobil Patroli BBKSDA Riau.

Fhoto Riauterkini

“Sebenarnya, jumlah trenggiling dilepas liarkan sebanyak 95 ekor. Namun 6 ekor diantaranya mati di perjalanan menuju kawasan konservasi Taman Nasional Zamrud di Siak,” jelas Dian.

Trenggiling-trenggiling yang mati di perjalanan dari Dumai menuju Taman Nasional Zamrud Siak tersebut menurut Dian Indriati sudah langsung di kuburkan di Taman Nasional Zamrud.

Berita sebelumnya pencegahan lundup hewan dilindungi itu dilakukan Tim  P2 Dumai. Petugas menangkap 1 satu unit Mobil toyota Innova BD 1826 AI yang bermuatan  95 bungkus trenggiling dengan 2 kotak karton sisik trenggiling dengan berat 37,5 kg di Jalan daerah perkampungan selinsing-Dumai. 

Rencana nya 95 ekor hewan dilindungi bersama  2 kotak karton sisik trenggiling dengan berat 37,5 kg bersal dari hutan Jambi itu akan diselundupkan ke Malaysia dari sungai Selinsing.

Editor: Wijaya

Penulis: Rahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here