Hut TNI Ke 71 Digelar Sederhana Namun Penuh Makna 

0
135

Pemotongan tumpeng oleh Walikota Dumai H Zulkifli As

Trajunews.com-(DUMAI) – Sejumlah prajurit dari TNI, Polri dan Organisasi Masyarakat (Ormas) melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 71, yang dipusatkan di Halaman Makodim 0302 Kota Dumai, Senin (5/6) sekira pukul 08.00 WIB.
Dalam pelaksanaan HUT TNI 71 ini, bertindak sebagai Inspektur upacara yakni Dandim 0302 Kota Dumai Letkol (Kav) Rendra Siagian.
Pelaksanaan HUT TNI ke 71 ini juga mengangkat tema “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, profesional, siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian,”.
Dandim 0302 Kota Dumai Letkol (Kav) Rendra Siagian membacakan amanat Panglima TNI Gatot Nurmantyo menyebutkan, sesuai makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah TNi tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI, yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis.

“Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Dandim.
Dilanjutkan Dandim, pembangunan kekuatan TNI terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan pembangunan pada tahap sebelumnya guna menuju pencapaian pembangunan postur ideal. Pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan pada modernisasi Alutsista pengembangan organisasi, pembangunan sarana prasarana terutama di pulau-pulau strategis yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis dan ketersediaan anggaran.
Ditambahkan Dandim, dalam pelaksanaan tugas luar negeri, prajurit TNI yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB, cukup berhaasil karena selain dapat berbaur dan diterima keberadaanya oleh masyarakat setempat juga menjadi contoh dari pasukan perdamaian lainnya.
“Hal ini menandakan bahwa keberadaan prajurit TNI selalu mendapatkan hati di masyarakat sekitarnya, karena TNI selalu menjunjung tinggi kearifan lokal dimanapun prajurit TNI tersebut berada,” lanjut Dandim.
Masih diamanat Panglima TNI, guna meneguhkan hati dan menguatkan jiwa segenap prajurit TNI, Panglima mengingatkan kembali dan instruksikan hal-hal untuk dipedomani yakni pertama tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan prajurit.
Lalu yang kedua, tugas prajurit TNI sangat berkaitan langsung dengan tegak atau runtuhnya negara, bersatu atau bercerainya bangsa. Oleh karena itu tempatkan tugas di atas segala-galanya. Ketiga junjung tinggi nilai dan semangat bangsa demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa serta tetap tegaknya kedaulatan negara kesatuan bangsa. Keempat pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, delapan wajib TNI dan hormati hak asasi manusia.
“Kemudian, kelima bina solidaritas satuan, tegakkan rantai komando, keenam, selalu hadir ditengah-tengah anggota dan masyarakat, dengan aktif berperan menyelesaikan masalah,” pungkas Dandim.
Dalam pelaksanaan HUT TNI di Makodim 0302 Kota Dumai juga diisi berbagai kegiatan diantaranya panggung hiburan, acara sukuran dan hiburan lainnya.(TNC/**W) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here