oleh

Jelang Idul Adha, Dinas Cek Kondisi Kesehatan Hewan Kurban

DUMAI – Guna memastikan kondisi kesehatan hewan kurban di Kota Dumai, Tim Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kota Dumai melakukan pengecekan terhadap sejumlah hewan ternak secara rutin. Pengecekan sudah dilakukan sejak Selasa (6/8/2019) lalu.

Selain ternak kandang, mereka juga memeriksa ke pedagang dan pengepul hewan kurban.

Kepala Dinas Peternakan Dumai Hadiono mengatakan kepada wartawan, setiap hewan akan dijual pada hari raya kurban akan diperiksa oleh tim pemeriksa dibentuk sebelumnya.

“Tim sudah turun ke lapangan guna mengecek kesehatan hewan kurban. Ada dua tim yang dibagi bertugas untuk meninjau hewan kurnan ke tujuh kecamatan bersama tenaga ahli yakni dokter hewan, tenaga teknis dan para medis,” Kata Handiono.

Adapun pengecekan yang dilakukn diantaranya, kondisi fisik, usia hewan, lubang hidung, telinga, mata serta suhu tubuh hewan ternak.

Kadis berharap, agar masyarakat dan pengurus masjid membeli hewan kurban yang sudah melalui cek kesehatan sehingga aman untuk dikurbankan dan dikonsumsi oleh masyarakat.

“Kita berharap, agar masyarakat membeli hewan kurban sudah ditandai dengan sertifikat dan label sehat dari tim kesehatan sehingga layak konsumsi,” paparnya.

Tim Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kota Dumai juga merencanakan pengecekan kesehatan hewan kurban hingga hari penyembelihan.

“Kita akan laksanakan pengecekan kesehatan di semua tempat di Kota Dumai untuk memastikan kondisi sapi dan kambing sehat bebas penyakit agar sehat untuk dikonsumsi masyarakat,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed