KRI Kala Hitam 828 Serahkan KLM Sinar Nusantara Ke Mako Lanal Dumai

0
138

DUMAI, TRAJUNEWS.COM- KRI Kala Hitam 828 yang sedang melaksanakan Operasi Samakta Udhaya Guspurlabar pada Sabtu (25/11/17), mengamankan satu kapal kayu KLM. Sinar Nusantara GT. 128 di perairan Selat Malaka, 15 Mil dari Pulau Sinaboi.

KLM. Sinar Nusantara diperiksa dan diamankan karena diduga kuat melanggar Undang-Undang Pelayaran, tidak memiliki beberapa dokumen pelayaran dan adanya dokumen pelayaran yang sudah kadaluwarsa.

Komandan KRI Kala Hitam 828 Mayor Laut (P) Aris Pratikto S.T. kepada wartawan menjelaskan secara langsung kornologis penangkapan KLM.Sinar Nusantara yang berlayar tanpa dokumen tersebut.

“KLM. Sinar Nusantara berangkat pada Rabu (22/11/17) dari Pelabuhan Jurong, Singapura dengan tujuan Songkhla, Thailand, dengan muatan rokok. Terdapat indikasi bahwa muatan rokok tidak dibongkar di pelabuhan tujuan Songkhla Thailand, namun muatan rokok tersebut akan di bongkar Ship to Ship di tengah laut dan dibawa ke Malaysia, hal ini dapat dilihat dari jumlah muatan yang seharusnya sebanyak 2.090 Pack namun sudah berkurang dari jumlah tersebut. Dan menurut pengakuan salah satu Crew atau ABK bahwa muatan tersebut sebagian telah dipindahkan dan dibawa ke Malaysia dengan menggunakan Speed Boat,” Kata Komandan KRI Kala Hitam 828 di dermaga Lanal Sungai Sembilan.

Selanjutnya Mayor Laut (P) Aris Pratikto S.T. menambahkan KLM Sinar Nusantara juga terindikasi melanggar UU Pelayaran.

“Atas indikasi pelanggaran pelayaran dari kegiatan KLM. Sinar Nusantara maka KRI Kala Hitam 828 membawa kapal tersebut ke Dumai untuk diserahkan kepada Lanal Dumai guna proses hukum lebih lanjut. Pada hari ini Senin (27/11/17) kami dari KRI Kala Hitam 828 menyerahkan KLM. Sinar Nusantara kepada pihak Lanal Dumai dalam hal ini diterima oleh Pejabat sementara Pasops Lanal Dumai, Kapten Laut (P) Wahyudi. Dan selanjutnya akan dilaksanakan proses penyelidikan,”Pungkas Pria yang murah senyum berpangkat Mayor Tersebut.

Berdasarkan dokumen kapal diketahui bahwa KLM. Sinar Nusantara berbendera Indonesia adalah milik H Sapar. jenis kapal Kargo Kayu, dengan jumlah Anak Buah Kapal 11 orang dengan muatan rokok sebanyak 2.090 Pack.
Editor : A.Andika

Penulis : Rahmad

Fhoto : Trajunews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here