oleh

Memupuk kebermanfaatan Peran Serta Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah

-Dumai-80 views

Lingkungan sekolah yang kondusif bisa berfungsi sebagai pusat kegiatan belajar mengajar berbasis komunitas untuk mendorong keberlanjutan yang arah yang lebih baik. Untuk itu, dukungan masyarakat di sekolah perlu disinergikan dengan program yang ada di sekolah dalam mewujudkan sekolah yang mampu melaksanakan pembelajaran yang berkualitas.

Sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 Pasal 54 Ayat 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa “ Peran serta masyarakat dalam pendidikan meliputi peran serta perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi profesi, pengusaha, dan organisasi kemasyarakatan dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pelayanan pendidikan”. Ayat 2 menyatakan bahwa “Masyarakat dapat berperan serta sebagai sumber, pelaksana, dan pengguna hasil pendidikan”.

Merujuk akan hal ini, bertempat di Hotel Grand Zuri Kota Dumai, Tanoto Foundation, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama Kota Dumai melaksanakan Pelatihan Peran Serta Masyarakat.

Pelatihan ini merupakan lanjutan dari rangkaian Program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran) yang telah dimulai di tahun 2018 lalu. Pada tahun lalu (2018), Tanoto Foundation telah melakukan pelatihan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) dan Pembelajaran kepada 1.346 guru, kepala sekolah dan pengawas di Provinsi Riau. Sebanyak 330 orang diantaranya merupakan pendidik dari Kota Dumai.

Adapun materi yang akan dilatihkan adalah:
1. Mengidentifikasi Manfaat Peran Serta Masyarakat dalam meningkatkan mutu pembelajaran

2. Mengiventarisasi Jenis Peran Serta Masyarakat
3. Mengidentifikasi Cara Mendorong Peran Serta Masyarakat
Peserta yang terlibat dalam pelatihan ini berjumlah 92 orang yang merupakan utusan 16 SD/MI dan 8 SMP/MTs dimana masing- masing sekolah mengirimkan 4 peserta (KS, Guru dan 2 Komite Sekolah). Selain dari sekolah, hadir juga pengawas yang berasal dari Pengawas Sekolah SD/MI dan Pengawas SMP/MTs.

Pentingnya dukungan masyarakat pada sekolah untuk mencapai keberhasilan pembelajaran perlu didorong secara massif. Namun hal ini bergantung kepada bagaimana cara sekolah dalam melibatkan masyarakat sesuai dengan potensinya masing-masing. Melalui Progam PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran), Tanoto Foundation menfasilitasi sekolah mitra program untuk mengidentifikasi keterlibatan masyarakat dan bagaimana cara untuk mendorongnya agar semua pihak bersinergi dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu melalui Pelatihan Peran Serta Masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Sarwono, M.Pd yang hadir membuka acara ini mengatakan, “Peran serta masyarakat memang sangat diperlukan karena tantangan terbesar bagi anak-anak didik kita berasal dari lingkungan tempat tinggalnya. Jadi tanggung jawab tersebut tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada sekolah. Mari kita sama-sama kawal perkembangan sekolah dan anak-anak kita”.

Bapak Dendi Satria Buana, Koordinator Propinsi Tanoto Foundation Riau menyampaikan bahwa, “Tanoto Foundation adalah organisasi filantropi independen yang fokus pada pendidikan. Kami percaya bahwa Pendidikan Berkualitas dapat Mempercepat Kesetaraan Perluang. Untuk mewujudkan itu Tanoto Foundation bekerjasama dengan mitra yang memiliki pemikiran yang sama pada tiga hal yaitu memperbaiki lingkungan belajar mengajar, menciptakan pemimpin masa depan dan memfasilitasi penelitian medis dan ilmu pengetahuan. Melalui salah satu program yakni PINTAR (Pengembangan Inovasi dan Kualitas Pembelajaran) kami meningkatkan ekosistem pendidikan melalui pengembangan kapasitas pengawas, kepala sekolah dan guru, serta pendidikan orang tua dan partisipasi masyarakat”.

Salah satu peserta pelatihan Peran Serta masyarakat, Ermi dari SDN 001 Lubuk Gaung, menyatakan “Biasanya kalau ada pelatihan seperti ini yang diundang pasti guru atau kepala sekolah, tetapi masyarakat juga yang dalam hal ini komite sekolah juga dilibatkan. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami karena menambah informasi tentang bagaimana seharusnya peran serta masyarakat kepada sekolah. Meskipun sebelumnya kami sering meminta bantuan melalui proposal ke perusahaan yang berada di sekitar sekolah, salah satunya ke PT. Sari Dumai Sejati (SDS) dari grup APICAL yang masih satu saudara dengan Tanoto Foundation. Alhamdulillah diberi bantuan pengecatan sekolah dan tanaman peneduh. Ternyata setelah mengikuti pelatihan, peran serta masyarakat tidak hanya terbatas pada bantuan materi saja. Banyak hal lain yang bisa dilakukan. Jadi kalau masyarakat dan sekolah bekerja sama, pasti akan lebih maju.

Kegiatan ini dilaksanakan 1 hari penuh dan dilaksanakan dengan metode pembelajaran pendagogik, dimana pelatihan dilaksanakan dua arah. Peserta aktif dalam dalam kelas, diskusi dan tanya jawab. Fasilitator yang membawakan materi merupakan kepala sekolah dan pengawas sekolah Kota Dumai yang sudah dilatih di Training of Trainer pada tahun 2018 yang lalu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed