oleh

Dari 535 RT, 11 RT di Dumai Zona Merah, Tiap Minggu Data Di Update

DUMAI-DIKHAWATIRKAN pasca Libur Lebaran Idul Fitri 1442 H angka pasien Covid 19 Di Kota Dumai akan semakin terus bertambah yang menyebabkan ruangan isolasi di RSUD Kota Dumai penuh.

Dikatakan Juru Bicara Satgas Covid 19 Kota Dumai yang juga Plt Dinas Kesehatan, dr Syaiful, Senin (17/5) mengatakan perlu diwaspadai, karena dari data seminggu sebelum libur Idul fitri 1442 H, 11 RT masuk kategori Zona Merah penyebaran covid 19.

”Setiap Pekan, kami selalu mengupdate Zonasi RT penyebaran Covid 19 di Kota Dumai, seminggu sebelum libur Idul Fitri 1442 H, 11 RT masuk dalam Zona Merah,”ungkap Syaiful.

Diantaranya RT 05 dan RT 09 Kelurahan Dumai Kota, RT 04 dan RT 09 Kelurahan Jayamukti, RT 06, RT 15 dan RT 18 Kelurahan Teluk Binjai, RT 07 Kelurahan Bukit Batrem, RT 07 Kelurahan Bukit Datuk, RT 01 Kelurahan Mekarsari, dan RT 15 Kelurahan Pangkalan Sesai.

Ditambahkan Syaiful untuk Zona orange ada 59 RT, Zona Kuning 162 RT dan Zona Hijau 303 RT.

Diterangkannya, virus corona jenis baru, jauh lebih cepat menularnya. Dicontohkannya, apabila ada salah satu terinfeksi virus Corona, maka satu keluarga yang tinggal didalam satu rumah semuanya tertular dan positif Covid-19.

”Hasil analisa kami, virus Corona jenis baru sudah menyebar di Dumai, kami meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi Mobilisasi dan menghindari kerumunan.

Karena kata Syaiful, Keberhasilan kita menekan penyebaran Covid-19 dan menghentikan jumlah kematian akibat penyakit tersebut ada di tangan kita semua. Semua harus bergotong royong dan aktif dalam melaksanakan Prokes. Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri dalam menangani Covid-19 ini. Jika ingin pandemi ini cepat berlalu, maka disiplinkan diri menjalani Prokes.

Ketika disinggung untuk Kota Dumai apakah masih berada dalam Zona Orange, Syaiful mengatakan jika Kota Dumai masih berada dalam Zona

Orange, jika masyarakat lalai menerapkan prokes dan semakin luaspenyebaran Covid 19 tidak menutup kemungkinan Dumai akan berada dalam

Zona Merah. ”Tentu kita tidak menginginkannya, makanya butuh kerjasama semua pihak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di Kota Dumai ini,”pungkasnya.

 

Komentar

News Feed