oleh

Ikuti Program Dinkes, ASN & Honor Satpol PP Kota Dumai Tes Darah HIV/AIDS

Trajunews,Dumai- Seluruh Aparatur Negara Sipil (ASN) dan tenaga honor dilingkungan pemerintah, Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Dumai, tampak tegang dan antusias berbaris antri menghadap ke dua buah meja petugas dari Dinas Kesehatan Kota Dumai. Senin pagi 10/11/2019.

Pagi itu, mereka semua diperintah kan olah Kepala Kantor Satpol PP Dumai Bambang Wardoyo untuk melakukan pemeriksaan tes darah yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Dumai.

Kegiatan berlansung pukul 08.00WIB Di Aula Kantor Satpol PP. Satu persatu petugas menyuntikkan jarum untuk mengambil darah dan kemudian lansung diperiksa di tempat. Guna memastikan hasil reaktif atau non reaktif terpapar oleh virus HIV.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh dinas kesehatan Kota Dumai. Kondisi Kota Dumai hingga saat ini masih menduduki posisi peringkat ke Dua, dengan kasus banyak nya orang yang telah tertular oleh virus HIV.

“Ini salah satu program kunjungan rutin kita. Dan pada hari ini selain melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui indikasi tertular Virus HIV/AIDS kepada seluruh Aparatur Negara Sipil (ASN) dan tenaga honor dilingkungan pemerintah Kantor Satuan Polisi Pamong Praja dengan gratis,” Kata Haris Fadillah, pemegang program.

Haris menambahkan, kegiatan rutin sosialisi dan tes darah penularan HIV/AIDS ini tidak hanya pada instansi pemerintah namun hingga instansi swasta dan masyarakat umum di seluruh Kota Dumai.

“Kita juga melakukan sosialisasi lansung kepada mereka untuk menjelaskan apa-apa saja faktor penyebab tertularnya orang akan Virus HIV ini. Kegiatan ini juga bertujuan menekan dan membendung penyebaran Virus HIV di lingkungan masyarakat mengingat Kota Dumai hingga kini masih menduduki peringkat ke Dua setelah Kota Pekanbaru, dan tentu saja ini bukan prestasi yang baik dan patut di banggakan,” Punagaks nya

Haris juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat umum yang merasa memiliki perilaku berisiko (PSK, pemakai narkoba jarum suntik, berhubungan seks tanpa kondom atau pengaman, orang yang memiliki orientasi seks sesama jenis seperi Lesbi dan Gay) untuk dapat dengan sadar memeriksakan diri kepada puskesmas terdekat dimana tempat mereka tinggal.

“Kita sangat berharap kepada masyarakat yang memiliki prilaku beresiko tinggi untuk melakuk pengecekan tes darah penularan HIV dan itu gratis tanpa dipungut biaya. Jangan takut seluruh rekam hasil tes darah HIV itu sangat kami rahasiakan dari siapa pun kecuali yang bersangkutan. Kemudian Dinas Kesehatan Kota Dumai melakuan pembinaan dan memutuskan mata rantai penularan virus ini. Kita juga berharap kerja sama yang baik dari seluruh bidang program puskesmas untuk melaporkan jika alat tes darah HIV/AIDS habis, sebab itu tidak boleh sampai kosong di setiap puskesmas,” Pungkas Haris

Kemudian Kepala Kantor Satpol PP Kota Dumai Bambang Wardoyo melalui Juprizal selaku Sekretaris nya menjelaskan, mereka mendukung penuh seluruh bantuk program perintah tentang kesehatan salah satu nya bersedia untuk dilakukan pengecekan tes darah penularan HIV/AIDS di lingkungan kerja mereka.

“Kami mendapatkan surat masuk dari Dinas Kesehatan Kota Dumai bahwa mereka akan melakukan sosialisasi dan tes darah penularan HIV/AIDS. Berdasarkan arahan kepala kantor maka hari ini kami seluruh nya mengikuti program rutin dari Dinas Kesehatan ini. Saya juga menghimbau kepada seluruh petugas Satpol PP terutama yang dilapangan untuk menghindari prilaku beresiko tertularnya penyakit HIV/AIDS,” Tegas Juprizal.

Komentar

News Feed