oleh

Resmi Jalin Kerja Sama, Wali Kota Dumai Bersama PT. Coastal Base Resources Teken MoU

DISKOMINFOTIKSAN DUMAI – Pemerintah Kota Dumai resmi menjalin kerja sama dengan PT. Coastal Base Resources terkait pembangunan kawasan hijau di Kota Dumai.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS (pihak kesatu) dan Direktur PT. Coastal Base Resources, Bambang Sri Suprapto (pihak kedua), bertempat di Sonaview Hotel Dumai, Senin (23/10/2023).

Penandatangan nota kesepakatan antara kedua belah pihak itu disaksikan secara langsung oleh Asisten I (Pemerintahan dan Kesra) Sekretariat Daerah Kota Dumai, H. Yusrizal, S.Sos, M.Si, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Hermanto, S.Sos, M.Si, Pimpinan PT. Enviro Prima Perkasa, Yamin Pakaya, serta Kepala Bagian Kerja Sama, Drs. Sarwono, M.Pd.

Usai penandatanganan, Wali Kota Dumai H. Paisal mengungkapkan, tujuan dari kesepakatan bersama ini adalah untuk pengembangan Kawasan Industri Selingsing yang berada di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, menjadi Kawasan Industri Hijau dengan fasilitas pelabuhan yang dapat melayani pelayaran nasional dan internasional.

“Alhamdulillah, kami baru saja menandatangani MoU dengan PT. Coastal Base Resources guna mendorong pembangunan ekonomi di Kawasan Industri Selinsing Kota Dumai yang sinergi dengan kerja sama strategis Poros Maritim Dunia,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan Datuk Seri Setia Amanah H. Paisal, penandatangan MoU ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antar kedua pihak yang menghasilkan beberapa poin kesepakatan, salah satunya terkait rencana pembangunan area Pelabuhan Internasional Dumai Berseri di Kawasan Industri Hijau Selinsing, melalui perluasan reklamasi area pantai seluas 40 Hekatar.

“Kami sangat apresiasi, Pemko Dumai bersama PT. Coastal Base Resources mempunyai kesamaan tujuan dalam rangka membangun Kota Dumai khususnya di Kawasan Industri Selinsing pada sektor maritim,” ujar H. Paisal.

Berdasarkan MoU yang sudah dibangun itu, Pemko Dumai melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan segera melakukan kajian secara bersama-sama, termasuk perhitungan anggaran pembangunan area Pelabuhan Internasional Dumai Berseri.

“Insya Allah setelah ini, bersama-sama akan langsung kita gesa. Dikaji dulu semuanya, seperti pembuatan Masterplan, Design Engineering Detai (DED), Feasibility Study (FS) dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Kawasan Industri Hijau Selinsing sesuai ketentuan perundang-undangan,” tuturnya.

Disisi lain, Direktur PT. Coastal Base Resources Bambang mengatakan, pihaknya tertarik melakukan kerja sama membangun Pelabuhan Internasional Dumai Berseri di Kawasan Industri Hijau.

“Karena ini masih tahap awal, untuk nilai investasinya masih perlu dikaji. Kalau sudah ada hasil kajian, kami akan share dan tertuang dalam Perjanjian Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU),” jelasnya.

Menurut Bambang, pembangunan pelabuhan internasional di Kawasan Industri Hijau memiliki potensi besar untuk menggeliatkan gairah industri di Dumai Kota Idaman yang berujung pada peningkatan perekonomian daerah.

“Kerja sama ini tidak hanya untuk kepentingan bisnis semata, tetapi juga masyarakat yang lebih besar, seperti penyerapan tenaga kerja lokal, tumbuhnya usaha ekonomi mikro, meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan bermanfaat bagi masyarakat Dumai,” pungkasnya.

Komentar

News Feed