oleh

Himpunan Nelayan Dumai Gelar Pelatihan dan Workshop Peningkatan Efisiensi Penangkapan Ikan

DUMAI,TRAJUNEWS.COM -Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan efisiensi dalam melakukan penangkapan ikan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Dumai mengadakan program pelatihan dan workshop bagi para nelayan Dumai dan nelayan Rupat di Aula TPI Purnama Kota Dumai, Riau, Senin (1/10).

Pelatihan ini dibuka oleh Kadis Perikanan dan Kelautan Kota Dumai dengan peserta sekitar 70 orang dan narasumber dari Fakultas Kelautan dan Ilmu Perikanan Institut Pertanian Bogor, Bisman Nababan, Ph.D. yang juga merupakan Sekjen DPP HNSI. Dalam pelatihan ini narasumber menjelaskan mengenai teknologi remote sensing dan GIS untuk mengefisiensi penangkapan ikan di laut serta memberikan sosialisasi terkait dengan koperasi dan keanggotaan HNSI melalui sistem aplikasi di smartphone.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua DPC HNSI Kota Dumai Hendrawan S.E., M.M. menambahkan agar para nelayan tetap solid dan melaporkan segala macam hal yang mencurigakan di luar aktivitas nelayan.

“Kegiatan ini sangat luar biasa untuk kita semua agar tetap solid. Sedangkan untuk keanggotaan koperasi ini sangat penting hubungannya dengan pengajuan dana untuk kesejahteraan nelayan. Sementara itu, terkait dengan permasalahan perusahaan yang tidak mengizinkan nelayan Dumai untuk melakukan kegiatan di daerah laut Kota Dumai, mohon agar para nelayan Bengkalis mengizinkan nelayan Dumai untuk mencari ikan di perairan Bengkalis khususnya Rupat. Yang terakhir dimohonkan kepada para nelayan agar melaporkan segala hal yang mencurigakan di luar aktivitas nelayan seperti kegiatan penyelundupan narkoba maupun barang ilegal.” Ujar Ketua DPC HNSI Kota Dumai.

Hal senada juga diutarakan oleh perwakilan Dit Intelkam Polda Riau, AKBP STP Manulang, dimana pentingnya menjaga hubungan antar nelayan agar tidak terjadi konflik dan pentingnya peran nelayan dalam membantu aparat untuk mencegah penyelundupan narkoba dan barang ilegal lainnya.

Sebagai penutup dalam kegiatan pelatihan tersebut, peserta pelatihan juga mendeklarasikan diri untuk mensukseskan Pemilu 2019.

Editor : Andika

Menulis : Agung Aditya

Poto : Trajunews.com

Komentar

News Feed